News Update :
Home » » Jantung Koroner | Peduli Serangan Jantung

Jantung Koroner | Peduli Serangan Jantung

Penulis : Unknown on Monday, September 16, 2013 | Monday, September 16, 2013

Jantung Koroner

Jantung Koroner | Peduli Serangan Jantung
Tidak semua orang beruntung dikaruniai kesehatan sampai hari tua. Sebagian besar pernah menderita sakit, Bahkan ada yang serius, seperti kecelakaan berat atau kelainan jantung. Untuk menghadapi hal demikian dikembangkan berbagai upaya pencegahan, penyembuhan dan rehabilitasi. Pusat Jantung Nasional 'Harapan Kita' adalah salah satu institusi yang bergerak dalam bidang di atas, khusus dalam masalah penyakit jantung, mulai dari deteksi penyakit, penanganan, sampai rehabilitasi, berikut penyuluhan kepada pasien. Sebagai seorang yang pernah mengalami penyakit jantung koroner yang cukup parah, sehingga perlu menjalani 2 kali operasi balon dan sekali operasi pintas koroner, maka narasumber merasakan betapa besar manfaat penyuluhan di atas. Lebih-lebih setelah menelusuri apa kira-kira penyebab timbulnya penyakit tersebut pada diri narasumber. Dari penelusuran tersebut beliau menyimpulkan bahwa terlalu awamnya penulis mengenai kesehatan jantung, khususnya penyakit jantung koroner, merupakan penyebab utama datangnya musibah dan penderitaan yang berkepanjangan. Karena awam itu pulalah penulis tidak dapat mempersiapkan diri untuk berusaha mencegahnya.


Dengan motto "mencegah adalah lebih baik daripada mengobati", penulis ingin ikut menyebar­luaskan kepada sahabat-sahabat  semua  informasi mengenai pe­nyakit jantung koroner dan serangan jantung. Usaha pence­gahan dan penyembuhannya disajikan dari sudut pandang seorang yang pernah mengalaminya, dengan harapan dapat dipakai sebagai peringatan dan pelajaran, agar anda tidak mengalami nasib yang serupa.

Peduli Jantung

Demikian penting peran jantung terhadap kehidupan kita sehingga memiliki status yang tinggi dalam ilmu pengetahuan, seni, dan mitologi, bahkan sampai bernuansa magis. Penghargaan kita terhadapnya sering terungkap de­ngan kata-kata yang indah. Contohnya kita sering kali men­dengar pernyataan kepada seseorang yang sedang dicintai, bahwa dia telah menjadi jantung hatinya. Sebaliknya kita juga mendengar cerita dari mereka yang terkejut amat sangat seakan-akan jantungnya mau pecah atau copot. Kita semua mempunyai ketergantungan fisik dan ikatan emosional dengan organ yang ajaib ini, yang tidak dapat disaingi oleh organ yang lain mana pun. 

Siapa yang harus peduli?

Bila ditanyakan siapa yang harus peduli terhadap kesehatan jantung, jawabnya adalah semua orang, karena masing-masing perorangan dapat berbuat banyak untuk mengurangi penyebab penyakit jantung, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, mereka yang masih sehat maupun yang sudah mengalami sakit jantung. Semua harus menyadari pentingnya kesehatan jantung. Penelitian-penelitian dalam bidang klinis menunjukkan bahwa bekerja sama dengan dok­ter dan spesialis untuk melaksanakan suatu program per­baikan faktor risiko penyebab penyakit jantung amat berguna. Diantaranya adalah, Bisa diawali dari Diri sendiri, Keluarga bahkan dari institusi masyarakat luas.

Serangan Jantung

Apabila aliran darah di dalam urat nadi koroner itu terha­lang secara total, bagian otot jantung yang bersangkutan mengalami kerusakan dan ini dikenal sebagai 'serangan jan­tung' atau myocardial infaretion (MI). MI umumnya disebabkan oleh penyumbatan arteri koroner secara tiba-tiba, karena pe­cahnya plak lemak pada arteri koroner yang kemudian terjadi proses kombinasi. Plak lemak tersebut menjadi titik-titik le­mah dari arteri itu dan cenderung untuk pecah. Pada waktu pecah di lokasi tersebut, gumpalan cepat terbentuk dan meng­hambat arteri secara menyeluruh, serta memutuskan aliran darah ke otot jantung. Ini mengakibatkan rasa sakit dada yang hebat pada pusat dada dan menyebar sampai lengan atau leher. Sakit dada tersebut diikuti dengan keringat dan nafas pendek. Pada serangan jantung akut pasien bisa hilang kesadarannya. Untuk mengatasi MI diadakan tindakan untuk membuka kembali saluran arteri yang buntu dengan meng­gunakan obat tertentu yang mampu melarutkan gumpalan yang menyumbat.

Demikian  informasi tentang Jantung Koroner Peduli serangan Jantung yang bisa saya berikan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua dan terutama bagi saya pribadi. Terimakasih

Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger