News Update :
Home » » Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Penulis : Unknown on Monday, July 2, 2012 | Monday, July 02, 2012

A. Pengertian Teknologi Informasi & Komunikasi
     Sebelum mempelajari dan Mengenal Teknologi Informasi dan Komunkasi secara mendalam, Kamu harus mengerti makna dari istilah teknologi, informasi, dan komunikasi. Setiap istilah tersebut memiliki makna tersendiri, tetapi tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Perpaduan dari ketiga istilah tersebut akan menghasilkan dua pengertian baru, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
    Kata teknologi bermakna pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelasikan persoalan-persoalan yang di hadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa sehari-hari, kata teknologi berdekatan artinya dengan istilah tata cara.
alat kominikasi
     Teknologi merupakan hasil olah pikir manusia untuk mengembangkan tata cara atau sistem tertentu dan menggunakannya untuk menyelesaikan persoalan dalam hidupnya, sebagai contoh, seorang anak yang berada jauh dengan orang tuanya dapat menyampaikan pesan rindunya dengan cara mengirimkan pesan lewat surat, SMS, telegram, telepon, atau mengirim e-mail lewat internet, Jadi anak tersebut sudah menggunakan teknologi infomasi dan komunikasi.
     Kata informasi dapat diartikan berita yang mengandung maksud tertentu. Manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman yang selalu ingin dibagikan kepada orang lain. Pengalaman atau pengetahuan yang dikomunikasikan kepada orang lain tersebut merupakan pesan atau informasi. Jadi pesan atau informasi itu menuntut kehadiran pihak lain. Kata komunikasi berasal dari bahasa latin communicare yang bermakna berbagi atau menyampaikan berita, pesan, informasi, dan perasaan kepada orang lain.
     Dari ketiga kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian teknologi informasi adalah tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi. Seiring dengan perkembangan komputer dan peralatan komunikasi modern, Pengertian teknologi informasi dan komunikasi dapat diartikan sebagai pemanfaatan perangkat komputer sebagai alat memprosess, menyajikan serta mengelola data dan informasi dengan berbassis pada peralatan komunikasi. Jadi, dua komponen pokok dalam teknologi informasi dan komunikasi adalah peralatan komputer dan peralatan komunikasi.

B. Peralatan Teknologi Informasi & Komunikasi
    Secara umum, peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang akan di bahas dapat dikelompokan sebagai peralatan komputer dan peralatan komunikasi yang meliputi alat komunikasi (communication device) serta saluran komunikasi (communication channel).
1. Peralatan Komputer
    Saat ini, perangnkat elektronik pintar yang disebut komputer sudah merambah hampir pada setiap aspek kehidupan manusia. Komputer telah digunakan hampir di setiap tempat, seperti di kantor, rumah sakit, sekolah, bank, perusahaan, bahkan hingga di rumah. Komputer dalam kehidupan manusia berfungsi sebagai alat untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan, meningkatkan kualitas, serta menghemat waktu dan biaya. Komputer juga dapat berfungsi sebagai media hiburan multimedia sehingga kamu dapat mendengarkan lagu, menonton video, mendengarkan siaran radio, menonton televisi, belajar dan bermain game. Bahkan saat
seluruh komputer dalam satu laboratorium dapat
terhubung dalam satu jaringan lokan
(internet)
ini komputer dapat dihubungkan melalui jaringan sehingga dapat saling bertukar data dan informasi dengan mudah. Mungkin komputer-komputer yang ada di sekolahmu pun sudah  menggunakan jaringan ini. Misalnya, komputer yang ada di ruang kepala sekolah dapat terhubung dalam jaringan internet (jaringan lokal) dengan komputer-komputer diruang tata usaha, ruang guru, atau laboratorium komputer. Apabila kepala sekolah menginginkan data siswa yang ada di ruang tata usaha maka ia dapat membukannya (mengakses) dengan komputernya sendiri tanpa harus datang keruang tata usaha. Contoh lainnya, Misal diruang tata usaha terdapat lima komputer, Seorang pegawai tata usaha dapat melakukan percetakan dengan printer yang terhubung dengan komputer lainnya. Artinya satu printer dapat melayani percetakan banyak kompute. Semua itu dapat terjadi karena komputer-komputer terhubung dalam satu jaringan (internet). Lebih luas lagi, komputermu bisa terhubung dengan milyaran komputer di seluruh dunia melalui jaringan internet dengan koneksi kabel telepon ataupun gelombang radio. Kamu dapat mendengarkan siaran radio, menonton siaran televisi, dan melakukan komunikasi dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Disamping itu, melalui teknologi internet, kamu dapat memproleh informasi, bahkan membeli barang-barang kebutuhan apapun (e-shopping) hanya dengan duduk di depan komputer.
   Dengan demikian, kehadiran dan kemajuan teknologi komputer dan internet membuatmu mampu melakukan hal apapun dengan mudah, cepat, dan relatif murah.
   Sebagai suatu sistem, komputer terbentuk dari tiga komponen pokok, setiap komponen memiliki fungsi tersendiri, saling terkait, dan bergabung membentuk sebuah sistem komputer. ketiga komponen tersebut adalah sebagai berikut.
a. Perangkat keras (hardware)
   Perangkat keras (hardwarae) terdiri atas empat komponen dasar, yaitu perangkat masukan (input unit), perangkat pemroses (central processing unit), perangkat penyimpan (storage unit), dan perangkat keluar (output unit).
b. Perangkat lunak (software)
   Perangkat lunak berwujud program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak dapat dikelompokan menjadi dua jenis. yaitu, perangkat lunak sistem operasi (operrating system software), dan perangkat lunak aplikasi (application software).
c. Manusia (brainware)
   Manusia yaitu orang yang menjalankan dan mengendalikan hardware dan software.

Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga komponen pembentuk sistem koputer tersebut.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger