News Update :
Home » » Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi

Penulis : Unknown on Wednesday, July 4, 2012 | Wednesday, July 04, 2012

Ilmu Ekonomi
 

Pada masa silam, ilmu politik dan ilmu ekonomi merupakan suatu bidang ilmu tersendiri, yang dikenal sebagai ekonomi politik (political economy), Yaitu pemikiran dan analisa kebijakanaan yang hendak digunakan guna memajukan kekuatan dan kesejahtraan negara inggris dalam menghadapi saingan-saingannya seperti Portugis, Sepanyol, Francis, Jerman dan sebagainya. Pada abad ke-18 dan ke-19. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan umumnya, Ilmu tersebut memisahkan diri menjadi dua lapangan yang mengkhususkan terhadap perhatian tingkah laku manusia yang berbeda-beda: Ilmu politik (political science) dan ilmu ekonomi (economycs).

    Ilmu ekonomi modern dewasa ini sudah menjadi salah satu cabang ilmu sosial yang memiliki teori, ruang-lingkup serta metologi yang relatif ketat dan terperinci. Oleh karenanya sifat-sifatnya yang relatif ketat ini, ilmu ekonomi termasuk ilmu sosial yang sering digunakan untuk menyusun perhitungan-perhitungan kemuka. Para sarjana ekonomi boleh dikatakan sepakat akan penggunaan istilah-istilah serta pengertian-pengertian dasar yang diperlukan untuk mencapai keseragaman analisa, hal mana memudahkan mereka untuk bertukar pikiran tentang tujuan umum ilmu ekonomi, yaitu usaha manusia untuk mengembangkan serta  membagi sumber-sumber yang langka untuk kelangsungan hidupnya.
    Pemikiran yang berpangkal-tolak pada faktor kelangkaan (scarity) menyebabkan ilmu ekonomi berorientasi kuat terhadap kebijaksanaan yang rasionil, Khusunya penentuan hubungan antara tujuan dan cara mencapai tujuan yang telah ditentukan. Oleh karena itu ilmu ekonomi dikenal sebagai ilmu sosial yang sangat Planning-orlented, Pengaruh mana yang meluas pada ilmu politik sebagaimana pengertian pembangunan ekonomi (economycs development) telah mempengaruhi pengertian politik (Polotical development). Oleh karena pilihan-pilihan tentang kebijaksanaan yang harus ditempuh seringkali terbatas sekali adannya, Maka ilmu ekonomi dikenal pula sebagai ilmu sosial yang bersifat choice-oriented, hal mana telah berpengaruh pada pengkhususan penelitian mengenai decision-making dalam ilmu politik modern. Akhirnya pemikiran yang berpangkal-tolak pada faktor kelangkaan telah memaksa ilmu ekonomi untuk lebih berikhtiar ke arah ramalan (Prediction) berdasarkan perhitungan yang seksama, sehingga ilmu ekonomi jarang sekali bersifat sfekulatif. ikhtiar menyusun ramalan ini berpengaruh pada sebagian sarjana ilmu politik untuk mendasarkan teori dan metodologinya pada suatu pendekatan yang lebih ilmiah, yang terkenal dengan pendekatan tingkah-laku (behavioral approach).
    Dalam mengajukan kebijaksanaan atau siasat ekonomi tertentu, seorang sarjana ekonomi dapat bertanya pada sarjana politik tentnag politik manakah yang kiranya yang paling baik disusun guna mencapai tujuan ekonomi tertentu. Dalam mengajukan  kebijaksanaan untuk memperbesar produksi nasional, Misalnya, sarjana ilmu politik dapat ditanya tentang cara-cara untuk menghalau atau mengurangi hambatan-hambatan politis yang mengganggu usaha-usaha kearah tujuan itu, Pembangunan lima tahun di  Indonesia sebaiknya memperhitungkan perkembangan sosial dan politik yang mungkin terjadi akibat pergeseran-pergeseran ekonomis yang timbul dari berhasil atau tidaknya kebijaksanaan-kebijaksanaan tertentu, khususnya yang menyangkut pembinaan kehidupan Demokrasi.

    Dengan pesatnya perkembangan ilmu ekonomi modern, khususnya ekonomi internasional, kerjasama ilmu ekonomi dan ilmu politik sangat diperlukan untuk menganalisa siasat-siasat pembangunan nasional, Seorang sarjana ilmu politik tidak dapat lagi mengabaikan pengaruh dan peranan perdagangan luar negri, Bantuan luar negri serta hubungan ekonomi luar negri pada umumnya terhadap usaha-usaha pembangunan dalam negri.

Let's Learn  :D
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger