News Update :
Home » » Pendidikan Nasional:::Menuju Terwujudnya Reformasi Pendidikan Nasional

Pendidikan Nasional:::Menuju Terwujudnya Reformasi Pendidikan Nasional

Penulis : Unknown on Wednesday, February 27, 2013 | Wednesday, February 27, 2013

Pendidikan_ Menuju terwujudnya bangsa indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi pada hakikatnya merupakan realisasi visi ini. Ini menjadi tekad bersama seluruh komponen bangsa untuk mewujudkannya melalui program-program yang tertuang dalam serangkaian Rencana Pembangunan jangka menengah (RPJM) setiap kurun waktu lima tahun masa pemerintahan. Melalui Implementasi program-program itu visi pembangunan nasional diusahakan untuk direalisasi secara bertahap.

Upaya menuju untuk mewujudkan bangsa indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi tidak dapat dilepaskan dari keterkaitannya dengan program Pendidikan nasional. Ini disebabkan tenaga utama penggerak pembangunan nasional adalah produk pendidikan. Program pendidikan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia pembangunan harus diagedakan secara tepat jalur dan menjadi prioritas dalam program pembangunan nasional ini. Bila agenda program pembangunan pendidikan berada pada jalur yang kurang tepat dan tidak jadi prioritas dalam pembnagunan nasional dikhawatirkan upaya untuk mewujudkan bangsa indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi sesuai dengan visi nasional jakngka panjang tidak terealisasi. 

Dalam rangka pembangunan pendidikan nasional pada era reformasi telah ditetapkan sejumlah undang-undang yang terkait dengan pendidikan, Diantaranya adalah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (yang menjadi landasan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahtraan Guru dan Dosen), dan UU Nomor 9 Tahun 2009 tetang badan hukum pendidikan. Berbagai Undang-undang akan menjadi payung hukum dalam penyelenggaraan pendidikan di indonesia agar mampu meningkatkan kualitas SDM dan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Dan yang sangat penting dalam mewujudkan visi pembangunan nasional itu.

UU Nomor 12 Tahun 2007 tentang rencana pembangunan jangka panjang nasional Tahun 2005-2025 menyebutkan, Bahwa taraf pendidikan penduduk indonesia mengalami peningkatan yang, antara lain: diukur dengan meningkatnya angka angka melek aksara penduduk usia 15 tahun ke atas, Meningkatnya jumlah penduduk usia 15 tahun keatas yang telah menamatkan pendidikan jenjang SMP/MTs keatas,Meningkatnya rata-rata lama sekolah, Dan meningkatnya angka yang partisipasi sekolah untuk kelompok semua usia. Walau demikian, kondisi ini belum memadai untuk menghadapi persaingan global.

Cukup sekian artikel tentang pendidikan dari saya, mohon maaf apabila masih banyak kekurangannya.
Terimakasih.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger