News Update :
Home » » pengertian Kehamilan:::Perubahan Pada Kehamilan

pengertian Kehamilan:::Perubahan Pada Kehamilan

Penulis : Unknown on Wednesday, February 27, 2013 | Wednesday, February 27, 2013

Kehamilan_ Kehamilan adalah merupakan suatu anugrah dan saat-saat yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan suami istri, Karena Kehamilan merupakan faktor penentu bagi keturunan yang akan dilahirkan.

Pengertian Kehamilan

Kehamilan terjadi jika ada pertemuan dan persenyawaan antara sel telur (ovum) dan sel mani (spermatozoa). Perubahan pada wanita hamil meliputi perubahan Fisioligis dan Psikologis. 

Perubahan Pada Kehamilan

Perubahan Fisiologis

Perubahan fisiologis dibagi menjadi dua bagian yaitu, Perubahan yang dapat dilihat dan Perubahan yang tidak dapat dilihat.

Perubahan yang dapat dilihat

  1. Perubahan pada kulit, Terjadi hiperpigmentasi, Yaitu kelebihan pigmen dibagian tertentu. Pada wajah, pipi, dan hidung mengalami perubahan hiperpigmentasi sehingga menyerupai topeng (topeng kehamilan atau Kloasma gravidarum). Pada areola mamae dan puting susu, Daerah yang berwarna hitam pada puting susu akan menghitam. Sekitar areola yang biasanya tidak berwarna akan berwarna hitam. Hal ini disebut areola mamae sekunder. Puting susu menghitam dan membesar sehingga lebih menonjol. 
  2. Perubahan Kelenjar, Kelenjar gondok membesar sehhingga leher ibu terlihat seperti leher pria. Namun perubahan ini tidak selalu terjadi pada wanita hamil.
  3. Perubahan payudara, Perubahan ini pasti selalu terjadi pada setiap wanita hamil karena dengan semakin dekatnya proses persalinan. Payudara menyiapkan diri untuk memproduksi makanan pokok badi si bayi setelah lahir, Perubahan yang terlihat pada payudara adalah:
  • Payudara membesar, tegang, dan terasa sakit.
  • Vena dibawah kulit payudara membesar dan terlihat jelas.
  • Kelenjar montgomery yang terletak didalam areola mamae membesar dan terlihat dari luar. Kelenjar montgomery mengeluarkan banyak cairan agar puting susu selalu lembab dan lemas supaya tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.
  • Payudara ibu mengeluarkan cairan apabila dipijat. Mulai kehamilan 16 minggu, Cairan yang dikeluarkan adalah jernih, Pada kehamilan 16 sampai 32 minggu cairan yang dikeluarkan berwarna agak putih seperti air susu yang sangat encer, Dan pada 32 minggu kehamilan sampai anak lahir, Cairan yang dikeluarkan lebih kental, berwarna kuning, dan mengandung banyak lemak.Cairan ini disebut kolostrum.

    4. Perubahan alat kelamin luar, Alat kelamin luar ini nampak hitam kebiruan karena adanya kongesti pada peredaran darah, Kongesti terjadi karena pembuluh darah membesar. Darah yang menuju uterus sangat banyak, Sesuai dengan kebutuhan uterus untuk memberikan makan janin, Gambaran mukosa Vagina yang mengalami kongesti berwarna hitam kebiruan tersebut disebut Chadwick.

    Perubahan yang tidak dapat terlihat

    1.  Perubahan pada alat pencernaan, Alat pencernaan lebih kendur, peristaltik agak kurang baik, terjadi hipersekresi kelenjar dalam alat pencernaan sehingga menimbulkan rasa mual, muntah, hipersalivasi, dan lain-lain. Peristaltik yang kurang baik dapat menimbulkan konstipasi atau obstipasi.
    2. Perubahan pembuluh darah atau peredaran darah.
    3. Perubahan pada paru-paru.
    4. Perubahan pada perkemihan.
    5. Perubahan pada tulang.
    6. Perubahan pada jaringan pembentuk organ.
    7. Perubahan pada alat kelamin dalam.

     Perubahan psikologis

    Menurut teori Rubin, Perubahan psikologis yang terjadi pada trimester I, meliputi ambivalen, takut, fantasi, dan khawatir. Pada trimester II, Meliiputi persaan lebih nyaman serta kebutuhan mempelajari perkembangan dan perubahan janin meningkat. Kadang tampak egosentris dan berpusat pada diri sendiri. Pada trimester III, Perubahann yang terjadi meliputi memiliki persaan aneh, sembrono, lebih introvert, dan merefleksikan pengalaman masa lalu.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger