News Update :
Home » » METODE PENDIDIKAN KESEHATAN::: KOMUNIKASI KESEHATAN

METODE PENDIDIKAN KESEHATAN::: KOMUNIKASI KESEHATAN

Penulis : Unknown on Friday, March 1, 2013 | Friday, March 01, 2013

METODE PENDIDIKAN KESEHATAN

Komunikasi kesehatan

Kesehatan_ Komunikasi kesehatan semakin populer dalam upaya promosi kesehatan selama 20 Tahun terakhir. Contoh, Komunikasi kesehatan memegang peran utama atau pengontribusi dalam pemenuhan 219 dari 300 tujuan khusus dalam healthy people 2010. Apabila digunakan secara tepat, Komunikasi kesehatan dapat memengaruhi sikap, persepsi, kesadaran, pengetahuan, dan norma sosial. Yang kesemuanya berperan sebagai prekursor pada perubahan prilaku. Komunikasi Kesehatan sangat efektif dalam memengaruhi prilaku karena didasarkan pada Psikologi sosial, Pendidikan Kesehatan, Komunikasi massa, dan pemasaran untuk mengembangkan dan menyampaikan promosi kesehatan dan pesan pencegahan.

Komunikasi Kesehatan juga dapat mencerminkan bagaimana persoalan kesehatan dapat diterima oleh para audensi tertentu. Contoh, NCI mendefinikasi komunikasi kesehatan sebagai seni dan teknik untuk menyampaikan informasi, memengaruhi, dan memotivasi individual, institusi, audiens publik tentang pentingnya kesehatan. 

Pengkajian Komunikasi Kesehatan

Cara Pengkajian Metode pendidikan Komunikasi Kesehatan memberikan pengaruh yang sangat besar pada cara penerapan dan dampak yang ditimbulkannya. Contoh, Jika Komunikasi Kesehatan dipandang sebagai suatu proses yang luas, Keluaran yang didapat umumnya memerlukan waktu yang lebih lama, untuk terbentuk dan akan menghabiskan lebih banyak sumber daya. Namun, Proses itu berkemungkinan melibatkan riset konsumen yang cuckup dan menghasilkan Metode Komunikasi yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan audiens sasaran. Jika komunikasi kesehatan diipandang sebagai strategi yang sempit untuk digunakan dalam menyampaikan informasi kesehatan, Prosesnya memungkinkan adanya tujuan yang lebih jelas, rencana penerapan yang lebih sinngkat, dan hasil yang lebih cepat. Karena kepraktisan intervensi, pihak yang berkepentingan dan pembuat keputusan dapat lebih mudah diipuaskan. Namun hal itu mungkin tidak memberikan kedalaman dan keluasan intervensi multikomponen yang sering dihasilkan dari upaya yang lebih menyeluruh.

Komunikasi kesehatan sebagai proses

Pakar dalam bidang komunikasi kesehatan memastikan perlunya mendefinikasikan Komunikasi Kesehatan sebagai pendekatan dan sistematis dan strategis. Artinya tranmisi Informasi atau data secara sederhana tidak setara dengan komunikasi yang efektif. Seballiknya, Mereka yang melaksanakan Komunikasi Kesehatan harus melakukan pendekatan strategis berbasis teori Komunikasi dan prilaku yang telah ada. Dan memadukan umpan balik konsumen untuk membentuk intervensi dan pesan yang ditargetkan.
Pendidikan kesehatan dapat memandang komunikasi kesehatan baik sebagai strategi utama atau strategi mendiri serta sebagai pendekatan yang mendukung strategi yang lain.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

July 6, 2017 at 8:09 AM

Terima kasih atas artikelnya karena sangat membantu sekali bagi saya dalam menyelesaikan tugas yang sedang saya kerjakan...

=================================================

Lihat beragam manfaat dan Khasiat buah, sayur, daging, ikan dan lainnya sebagainya untuk kesehatan dan kecantikan..

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Manfaat daun manggis untuk kesehatan tubuh
Manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat ubi ungu bagi kesehatan dan kecantikan
Manfaat ubi jalar untuk kesehatan dan kecantikan

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger