News Update :
Home » » Pidato ::: Cara Membuat Teks Pidato

Pidato ::: Cara Membuat Teks Pidato

Penulis : Unknown on Monday, March 11, 2013 | Monday, March 11, 2013

Cara Penulisan Pidato

Menulis Teks Pidato_ Mungkin pada pelajaran sebelumnya anda sudah berlatih mendengarkan dan menyimpulkan isi tentang pidato. Penglaman tersebut adalah sebagai bahan pengetahuan untuk menulis teks pidato. Jika menulis teks pidato, anda harus menyusun dengan bahasa yang efektif dan komunikatif. Dengan demikian, teks tertulis yang akan disampaikan dengan ragam bahasa lisan itu jelas sehingga pesan yang disampaikan disimak dengan baik oleh pendengar

Berpidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum atau didepan orang banyak, yang sifatnya satu arah. Berikut adalah langkah cara membuat teks pidato:

Langkah Penulisan Teks Pidato

1. Menentukan Topik 

Topik harus menarik, baik untuk pembaca maupun bagi pendengar, dan sesuai dengan daya tangkap pendengar. Selain itu, Topik harus di sesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia.

2. Menentukan Maksud dan Tujuan

Sebelum berpidato, Kita harus menentukan tujuan berpidato. Apakah pidato itu dilakukan untuk mendorong, meyakinkan, memberitahukan sesuatu, atau menghibur.  Perbedaan tujuan dan maksud berpidato berpengaruh terhadap cara penyampian pidato.

 3. Menganalisis Situasi dan Pendengar

Sebelum berpidato, kita harus mengetahui keadaan tempat, kebiasaan masyarakat, minat, latar belakang dan keinginan pendengar.

4. Memilih dan Merumuskan Topik dan Ide yang lebih Terperinci

Agar topik lebih jelas, topik yang telah dirumuskan perlu dispesifikasikan serta disesuaikan dengan keadaan waktu dan kesempatan yang tersedia. Oleh karena itu, Pilihlah materi yang terbaik dan pisahkan materi yang pokok dengan materi penunjang.

5. Mengumpulkan Bahan 

Banyak hal yang dapat dilakukan ketika kita mengumpulkan bahan untuk berpidato, Misalnya mengumpulkan bacaan yang menyajikan masalah yang berhubungan dengan materi pidato. Contoh, naskah pidato, Istilah-itilah populer, cerita atau humor-humor yang relevan.

6. Pemahaman dan penghayatan Materi

Artinya, kita harus mengkaji materi pidato secara kritis (audiens), meninjau materi pidato yang mungkin menimbulkan pro dan kontra, menyusun sitematika materi, dan menguasai materi pidato berdasarkan jalan pikiran yang logis.

7. Latihan Berpidato

Selanjutnya, agar kita menguasai materi yang sudah di persiapkan dan menghayati suasana serta audien yang akan dihadapi, kita harus sering latihan berpidato. 

Nah sekarang silahkan anda siapkan materi-materinya kemudian buatlah sebuah Teks Pidato.
Selamat mencoba.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger