News Update :
Home » » 10 Pemicu Kanker Payudara

10 Pemicu Kanker Payudara

Penulis : Unknown on Monday, September 30, 2013 | Monday, September 30, 2013

Pengertian Kanker

 

http://zoemanzie.blogspot.com
Kanker dalam pengertian sederhana adalah sel yang tumbuh terus-menerus secara tidak terkendali, tidak terbatas, dan tidak normal (abnormal). Pertumbuhan sel-sel kanker tidak terkoordinasi dengan jaringan lain sehingga berbahaya bagi tubuh. Konteks lain menyebutkan kanker merupakan tumor ganas yang mcngalami pertumbuhan abnormal yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Dalam kondisi normal, sel hanya akan berkembang biak dengan cara membelah diri jika ada yang mati atau nisak. Sel kanker akan terus mengalami perkembangbiakan meskipun tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sel kanker merusak jaringan sel lain yang normal dan menyebar ke organ tubuh lain melalui jaringan ikat, darah, saraf, dan jaringan penunjang organ tubuh. Bagian organ tubuh yang terserang sel kanker akan terhambat pertumbuhannya.

Kanker termasuk penyakit yang tidak menular. Penyakit ini timbul akibat kondisi fisik yang tidak normal dan pola hidup yang tidak sehat. Meskipun demikian, penyakit ini bisa diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Risiko terkena kanker sangat besar jika salah satu anggota keluarga terkena kanker. 

Kanker bisa menyerang jaringan dalam berbagai organ tubuh, termasuk organ reproduksi wanita, yang terdiri dari payudara, rahim, indung telur, dan vagina. Organ reproduksi tersebut sangat penting karena menjadi identitas kesempurnaan seorang wanita. Jika organ tubuh tersebut terserang kanker maka kesempurnaan seorang wanita menjadi berkurang.

Tapi perlu diketahui bahwa jika timbul benjolan pada payudara atau jaringan lain yang abnormal pada organ reproduksi wanita belum tentu benjolan atau jaringan abnormal tersebut adalah kanker, bisa saja masih berupa tumor, kista, atau mioma. Namun demikian, hal itu tetap harus diwaspadai karena penyakit tersebut bisa saja berkembang lebih lanjut menjadi kanker ganas.

Faktor Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti. Namun, faktor risiko sebagai pemicu timbulnya kanker payudara antara lain sebagai berikut;
  1. Konsumsi makanan berlemak dan berprotein tinggi, tetapi rendah serat terlalu banyak. Makanan seperti itu mengandung zat karsinpgen yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker.
  2. Hormon tertentu digunakan secara berlcbihan, seperti hormon penambah gairah seksual.
  3. Pil kontrasepsi digunakan pada usia muda. Penelitian membuk-tikan bahwa wanita usia dini (remaja) yang memakai alat kontrasepsi oral (pil) sangat tinggi risikonya terserang kanker payudara.
  4. Terapi radiasi pada daerah sekitar dada dan payudara pernah dilakukan.
  5. Kontaminasi senyawa kimia berlebihan, baik langsung maupun tidak langsung. Wanita yang merokok memiliki risiko paling besar terserang kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.
  6. Wanita bekerja pada malam hari. Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchison Cancer di Seatle, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa wanita yang bekerja pada malam hari mempunyai peluang 60% terkena kanker payudara. Cahaya lampu yang kusam pada malam hari dapat menekan produksi melatonin noctural pada otak sehingga hormon estrogen yang diproduksi oleh ovarium meningkat. Padahal, diketahui melatonin dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara.
  7. Wanita mengalami masa menopause setelah umur 50 tahun.
  8. Wanita tidak pernah melahirkan anak.
  9. Wanita melahirkan anak setelah umur 35 tahun.
  10. Wanita tidak pernah menyusui.
Kanker pada organ reproduksi telah menjadi momok bagi kaum wanita. Ancaman tidak memiliki keturunan atau mandul menjadi mimpi buruk bagi mereka. Namun demikian, tidak sedikit wanita yang bersikap acuh dengan kondisi kesehatan organ reproduksinya. Setelah terjadi keluhan pada organ reproduksinya, barulah mereka mengadu pada dokter.

Oleh karena itu saya disini menulis tentang penyebab kanker payudara, agar supaya teman-teman bisa mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan resiko kanker payudara. Terimakasih
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger