News Update :
Home » » Definisi Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal

Definisi Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal

Penulis : Unknown on Wednesday, October 2, 2013 | Wednesday, October 02, 2013

Gagal Ginjal 

Gagal ginjal {renal atau kidney failure) adalah kasus penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara akut (kambuhan) maupun kronis (menahun). Dikatakan gagal ginjal akut (acule renal failure) bila penurunan fungsi ginjal berlangsung secara tiba-tiba, Tetapi kemudian dapat kembali normal setelah penyebabnya segera dapat diatasi. Sedangkan gagal ginjal kronis (chronic renal failure) gejalanya muncul secara bertahap biasanya Tidak menimbulkan gejala awal yang jelas, sehingga penurunan fungsi ginjal tersebut sering tidak dirasakan, tahu-tahu sudah pada tahap parah yang sulit diobati. Gagal ginjal kronis sama dengan hipertensi, penyakit ikutan yang saling berkaitan, termasuk silent killer, yaitu penyakit mematikan yang tidak menunjukkan gejala peringatan sebelumnya, sebagaimana umumnya yang terjadi pada penyakit berbahaya lainnya.

Penyebab awal Gagal Ginjal

http://zoemanzie.blogspot.com
Penyebab awalnya bisa dari hal yang sepele, misalnya dehidrasi (kurang minum) yang membuat tubuh rawan kena infeksi saluran kemih, dan kemudian dapat berkembang menjadi infeksi ginjal. Wanita, karena kontruksi alat kelaminnya yang "terbuka", adalah kelompok yang rawan kena infeksi saluran kemih, yang dalam istilah kedokteran dikenal sebagai sistitis {cystitis). Di Amerika Serikat, misalnya, tercatat sekitar 21 persen wanita setiap tahun diserang infeksi saluran kemih. Dari jumlah itu, sekitar 2 sampai 4 persen wanita tersebut mengalami infeksi yang terus-menerus, dan harus ke dokter untuk mengatasi masalahnya. Walaupun infeksi saluran kemih ini diterapi dengan antibiotika, namun ada yang berkembang menjadi infeksi ginjal dengan konsekuensi yang serius.

Radang kronis pada penyaring ginjal (glomerulo neferitis), Batu ginjal, dan Batu saluran kemih yang kurang mendapat perhatian dan obat-obatan (modern maupun tradisional), yang dimakan dalam jangka waktu yang lama dapat pula membebani kerja ginjal. Gagal ginjal bisa juga terjadi sebagai akibat penyakit ginjal turunan. 

Indonesia termasuk negara dengan tingkat penderita gagal ginjal yang cukup tinggi, Menurut data dari Penetri (Persatuan Nefrologi Indonesia), Diperkirakan ada sekitar 70 ribu penderita ginjal di Indonesia, Namun yang terdeteksi menderita Gagal Ginjal kronis tahap terminal dari mereka yang menjalani cuci darah (hemodialisis) hanya sekitar 4 ribu sampai 5 ribu saja.

Demikian sebagian penerangan tentang Gagal Ginjal yang bisa saya tulis, Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua amin. Terimakasih.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

December 28, 2019 at 11:30 PM


izin share ya admin :)
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger