News Update :
Home » » Penyebab Banjir ::: Faktor-Faktor Penyebab Banjir

Penyebab Banjir ::: Faktor-Faktor Penyebab Banjir

Penulis : ahmad achoey on Tuesday, February 12, 2013 | Tuesday, February 12, 2013

Penyebab Banjir_ Banjir adalah merupakan salah satu bencana alam yang mungkin sering terjadi disekitar lingkungan kita. Dan tahukah anda kenapa bencana banjir tersebut bisa terjadi? Ya,,,, tidak jauh dan tidak lain lagi banjir terjadi dikarenakan air yang meluap dari sungai atau terjadi karena turunnya air hujan yang turun dalam jumlah atau volume yang sangat tinggi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan banjir, Antara lain adalah faktor peristiwa alam, kondisi alam, dan aktivitas manusia.

Penyebab Banjir
1. FAktor peristiwa alam

  Bersifat dinamis, Kondisi iklim yang ekstream, Antara lain intenstas curah hujan yang tinggi, penurunan tanah dan pendangkalan sungai.

2. Faktor kondisi alam

   Bersfat statis, antara lain kondisi geografis, tofografi, serta kondisi sungai yang meliputi kemiringan, sedimensi dan bentuk aliran.

3. Faktor aktivitas manusia

Bersifat dinamis, Antara lain melakukan pembangunan dikawasan dataran banjir, mendirikan pemukiman dibantaran sungai,pembangunan sistem drainase dan pembuangan sampah.

Curah hujan yang tinggi dengan bertambahnya aliran permukaan menjadi faktor utama penyebab terjadinya banjir. Curah hujan yang tinggi, lereng yang curam didaerah hulu, dan perubahan jenis vegetasi dapat memperbesar aliran permukaan yang dapat mengakibatkan tanah longsor. Hujan sangat deras yang terjadi dikawasan hulu sungai dapat meyebabkan banjir bandang. yaitu banjir besar yang datangnya tiba-tiba dalam waktu yang sangat cepat, dan mengalir dengan deras. Aliran banjir bandang ini dapat menghanyutkan benda-benda besar. Misalnya batu dan kayu, juga sering menelan korban jiwa.
Penyebab Banjir di jajarta
Perubahan vegetasi, dari jenis tanaman tahunan yang akarnya d alam dan kuat menjadi tanaman semusim yang akarnya dangkal mempercepat laju aliran air. Akar tanaman tidak mampu lagi menahan air yang tersimpan dalam tanah sehingga candangan air tanah menjadi berkurang. Akar tanaman juga tidak mampu lagi menahan tanah sehingga terjajdi longsor. Perubahan dan habisnya pohon juga dapat mengakibatkan terjadinya banjir didaerah-daerah yang sebelumnya tidak pernah mengalami banjir.
Seperti halnya yang terjadi dikota jakarta, Banjir yang terjadi lebih disebabkan karena dua faktor utama, Antara lain, yaitu faktor fisik dan faktor sosial budaya.

Penyebab Banjir di jajarta

Penyebab faktor fisik diantaranya adalah kondisi morfologi kota jakarta yang 40% merupakan wilayah dataran rendah dengan rata-rata ketinggian anatara 1 meter (daerah kota dan sekitarnya) hingga 16,7 meter (daerah selatan jakarta sampai ke perbatasan kabupaten bogor) dari permukaan air laut.

Penyebab kedua dari faktor fisik dalah karena terjadinya hujan lebat yang tutrun terus menerus selama beberapa hari baik di daerah kota jakarta maupun hujan yang sama didaerah hulu (bogor). Curahan air hujan yang melimpah masuk ke dalam saluran sungai sungai di daerah kota jakarta, dan pada akhirnya tidak lagi dapat ditampung. Sehingga akhirnya situasi inilah yang menyebabkan luapan air melewati batas tanggul sungai. Kejadian inilah yang dinamakan banjir.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Zoemanzie.com . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger